Bhisama Pasek

Bisama  Warah-warah Ira Bhatara Abhra Sinuhun ri pratisantanan Ira sedaya(Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi)“……………….Nanak Pasek miwah Bendesa, sampunang lali ring Khayangan nanak minakadi ring Lempuyang, ring Besakih, ring Silayukti miwah Gelgel Dasar Bhuwana. Yening nanak lali ring Khayangan nanak, maweta byuta sajeroning pakulawarga, nenten usan-usan manggih kaduhkita, stata tungkas ring pasemetonan, akeh pikaryan sakemawon kirang sane tunas ajengang, asapunika pitekeet nira ring pratisantana, kaunggahang ring lepihan, mangda kasungsung sareng sami, ragane sareng saminenten dados tungkas ring piteket nirane, kalintang mahabara pisan, sampunang lali miwah lipia. Yan parade pratisantana kukuh tindih ring pitekete, mogi-mogi setata manggih karahayuan, solah wanen miwah kawot kewanten maduwe pikayun utama, sidhi wakya, kasumbung, kinasihan antuk Ida Sanghyang Widi, dibya guna, wicaksana ngagemin tutur kaprabhon, asapunika kasurat ring lepihan…………..”

artinya :
“……………….Kamu Pasek dan Bendesa, jangan lupa dengan Khayanganmu, seperti di Lempuyang, di Besakih, di Silayukti dan Gelgel Dasar Bhuwana. Jika engkau lupa dengan khayanganmu, akibatnya kamu akan cekcok dalam keluarga, tidak henti-hentinya menemui keresahan, selalu sengketa dalam keluarga, kaya dengan pekerjaan namun kurang makan, demikian amanatku kepada keturunan yang tercantum dalam prasasti, agar dijunjung olehmu sekalian, kamu tidak boleh melanggar atau menyimpang terhadap amanatku, sungguh berbahaya, jangan lupa maupun lalai atau mengabaikan. Bilamana kamu taat kepada amanatku, semoga kamu senantiasa berada dalam keselamatan, ada keberanian dan kekuatan namun berbudi luhur, berhasil dalm perkataan, masyur, dikasi oleh Ida Sanghyang Widhi, mulia dan pintar, bertingkah laku baik dan menguasai ilmu kepemimpinan, demikian tersebut dalam prasasti…….”

Note: 
Tegak piodalan :

-Pura Lempuyang Luhur,  Wraspati Umanis dungulan

Pura Lempuyang Madya, Purnama Kedasa

-Di Besakih, Pura Pasek/Ida Ratu Pasek, Purnama Kawulu

-Pura Silayukti, Budha Kliwon Pahang

-Pura Gelgel Dasar Bhuwana, Soma Kliwon Kuningan – Pemacekan Agung

Advertisements

BABAD PASEK GADUH

Babad Pasek Gaduh

1b. OM Awighnamastu namo siddham. Pangaksamaning hulun ri padaning Bhatara Hyang mami, sang ginelaring sarining OM-kara Ratna Mantram, sang sidha yogiswaranam, sira nugrahana ri hana waka purwanira sang huwus lepas, luputa mami ri tulah pamidhi, mwang sawigrahaning mala papa pataka, tar katamanana hulun upadrawa de Bhatara Hyang Mami, wastu paripurna anemwaken hayu, dirghayusa katekeng kula gotrangku, namostu jagathitaya. OM Saraswati namostubhyam.

(Ya Tuhan, semoga hamba tiada mendapat halangan dan semoga selamat. Permohonan maaf hamba kehadapan Hyang Bhatara, yang berwujudkan inti sari OM-kara Ratna Mantra, beliau yang merupakan yogi agung, beliaulah yang memberikan anugrah, menceritrakan yang telah wafat, semoga hamba terbebas dari kutukan, serta kenistaan, neraka dan dosa, dan hamba tidak kualat kepada Bhatara Hyang, semoga sempurna, menjumpai keselamatan, panjang umur, sampai keturunan hamba, semoga sejahtra di dunia. Ya Tuhan yang berwujud dewi Saraswati, yang kami hormati).

2a. Maka purwaning tattwa, iti pwa ya mangke wuwusen ring panganjur tikang katha, sira Bhatara Hyang Siwa Pasupati apasang yoga, ri tembenya hana wetwa tanayanira, ndya ta : Bhatara Gnijaya, Bhatara Putranjaya, Bhatari Dewi Danuh, Bhatari Hyang Manikgalang, Bhatara Hyang Manik Gumawang, Bhatara Hyang Tumuwuh, Bhatara Hyang Tugu. Sakamantya Hyang Bhatara ika tumedun haneng Bangsul, mwang aparhyangan, makadinya : sira Bhatara Hyang Gnijaya aparhyangan sira haneng giri Lempuyang; Bhatara Hyang Putranjaya, aparhyangan ……….

(Sebagai awal ceritra, sekarang mulailah diceritrakan, yakni ceritra kuno, tatkala Bhatara Hyang Siwa Pasupati beryoga, pada suatu saat lahirlah putra beliau, yaitu : Bhatara Gnijaya, Bhatara Putranjaya, Bhatari Dewi Danuh, Bhatari Hyang Manikgalang, Bhatara Hyang Manik Gumawang, Bhatara Hyang Tumuwuh, Bhatara Hyang Tugu. Dalam waktu yang sama, semua Bhatara itu datang ke Bali dan berstana pada Parhyangan, seperti : Bhatara Hyang Gnijaya, berstana di Gunung Lempuyang; Bhatara Hyang Putranjaya, berstana ………..).

2b. mareng agraning Tohlangkir; Bhatari Hyang Dewi Danuh, aparhyangan sira mareng Watur; Bhatara Hyang Manik Galang, aparhyangan mareng Panataran Sasih Pejeng; Bhatara Hyang Manik Gumawang, aparhyangan sira mareng Giri Bratan; Bhatara Hyang Tumuwuh, aparhyangan mareng Giri Watukaru; Bhatara Hyang Tugu, aparhyangan sira, mareng Giri Andakasa, ika matangnyan hana tiking dewalaya ing Banten, sthananira Hyang Bhatara Samoddhaya. Kawarna mangke mwah, kahanan ira Bhatara Hyang Gnijaya, apasangyoga, matemahan wetu ……….

(berada di puncak Gunung Agung; Bhatari Dewi Danuh, Parhyangan beliau di Batur; Bhatara Hyang Manik Galang, berparhyangan di Panataran Sasih Pejeng; Bhatara Hyang Manik Gumawang, Parhyangan beliau di Gunung Bratan; Bhatara Hyang Tumuwuh, Parhyangan beliau di gunung Watukaru; Bhatara Hyang Tugu, Parhyangan beliau di gunung Andakasa, itulah sebabnya adanya Pura-Pura stana dewa di pulau Bali, yang merupakan kumpulan para dewa. Diceritrakan keberadaan Bhatara Hyang Gnijaya, melakukan yoga, serta menghasilkan …………).

3a. sakeng yoga sandhinira bija sanunggal, kang tinengeran sira Hyang Mahadewa, ngaran Mpu Mahadewa. Arawas-rawas pwang kala, sira Mpu Mahadewa apasang yoga sandhi, ri tembenya hana wetu kang suta saroro, jalu-jalu, lwirnya : kang panuha apasanting sira Mpu Bhajrasatwa mwang kang anten apasajna Mpu Dwijendra. Lanturakna punang ghocara mwah, sira Mpu Bhajrasattwa, wekasan sira anurunaken suta sawiji apanelah sira Mpu Lempita juga inabhiseka sira Mpu Tanuhun, nghing kang ranten sira Mpu Dwijendra, anurunaken bija ………..

(dari hasil pertemuan itu melahirkan seorang putra, namanya Hyang Mahadewa, disebut Mpu Mahadewa. Setelah berselang lama, Mpu Mahadewa, beryoga, pada suatu saat melahirkan dua orang putra, laki-laki, yaitu : yang sulung bernama Mpu Bhajrasattwa dan adiknya bernama Mpu Dwijendra. Diceritrakan kembali, Mpu Bhajrasattwa akhirnya mempunyai seorang putra, yang diberi nama Mpu Lampita, disebut juga Mpu Tanuhun, sedangkan Mpu Dwijendra, berputra ……).

3b. asujya, sama jalu-jalu, lwirnya : Bubuksah, Gagakaking mwang Brahma Wisesa, kang i wekasan anurunaken wateking Wang Bang haneng Bangsul, nghing sira Bubuksah mwang Gagakaking mungsyanang Yawadwipa mandhala. Kawarneng mangke sira Mpu Lampita, wekasan sira apasang yoga sandhi, matemahan sakeng yoganira, ika wetu atmaja panca diri, pasamudananing aranira : kang panuha atengeran sira Sang Brahmana Pandita, inabhiseka sira Mpu Gnijaya, kang ranten Mpu Sumeru, katrini sira Mpu Gana, kacatur sira Mpu Kuturan, ………..

( tiga orang, semuanya laki-laki, yaitu : Bubuksah, Gagakaking dan Brahma Wisesa, beliau Brahma Wisesa menurunkan warga Wang Bang di Bali, tetapi Bubuksah dan Gagakaking, beliau berada di tanah Jawa. Diceritrakan sekarang Mpu Lampita, lalu beliau melakukan yoga samadhi, dari samadhinya itu, berputra 5 orang, nama-namanya, yaitu : yang tertua Sang Brahmana Pandita, dengan gelar Mpu Gnijaya, adiknya Mpu Semeru, yang ketiga Mpu Gana, yang ke empat Mpu Kuturan, ………)

4a. kang wungsu apanelah sira Mpu Bharadah, yeki kawinuwus sang Panca Dewata, Panca Tirtha. Tandwa sira Sang Panca Dewata, umantuk mareng Giri Sumeru, sama angwangun yoga, angastawa Bhatara Hyang Siwa Pasupati, samangkana pidharthanya nguni, sira Mpu makabehan umijil mareng Balirajya, angwangun tapa brata yoga samadhi mareng Giri Sumeru. Tar kawarna lawasnira ingkana, pira kunang antajinira ikang kala, hana ta wakyaning Bhatara Hyang Siwa Pasupati ri sira Sang Panca Dewata, ndya ta ling nira, putungku makabehan ……..

( yang terkecil bernama Mpu Bharadah, semuanya disebut Sang Panca Dewata atau Panca Tirtha. Sang Panca Pandita kembali ke gunung Semeru, semuanya melakukan yoga, memuja Hyang Siwa Pasupati, demikianlah keadaannya dahulu, semua pendeta itu lahir di Bali, melakukan tapa, brata, yoga dan samadhi di gunung Semeru. Tak terceritrakan lamanya di sana, pada suatu saat, ada anugrah Bhatara Hyang Siwa Pasupati, kepada Sang Panca Dewata, beginilah anugrah beliau, cucuku semuanya ……).

4b. wakakna talinganing pangrengo, haywa lupa ambeking kaparamarthan, putusing kapanditan, titi kamoksan, mwang aji aksara, yan mingkene rasanya mingkene. Putus panugrahanira Bhatara, nimittaning aji aksara kabeh sojaring Manu, Tri Kaya Parisudha Tattwa Adyatmika. Wekasan yan hana pratisantananta, pawaraha juga pawarah hulun mene, nimittanya kengetakna lingning titi gagaduhan mwang pandita paramartha, haywa lupa santananta, ntonto. Yan tar tindihing ing lepihan, dudu santananta, mogha-mogha ya amingsor, mangdadya ksatriya, …………

(hendaknya dengarkanlah baik-baik, janganlah lupa pada kerokhanian, terutama tentang kependetaan, kamoksan, tentang sastra, yakni mampu memahaminya. Demikianlah anugrah beliau, yakni tentang aksara suci yang diajarkan oleh Manu, Tri Kaya Parisudha, Tattwa Adyatmika. Kelak jika ada keturunanku, hendaknya sampaikan pesanku ini dan ingatlah swadharmamu yakni Pendeta Utama, janganlah lupa keturunanku, ingatlah. Jika tidak yakin terhadap pustaka ini, bukan keturunanku, moga-moga jatuh kedudukannya, menjadi kaum ksatriya ………..).

5a. mwah kengetakna amahayu Sanghyang Kamimitan mareng Bangsul, mwang walinya kayeng kawekas, mangkana wakyanira Bhatara Hyang Siwa Pasupati. Nihan sira Mpu Gnijaya wekasan apulang sih ri sira Bhatari Manikgni, tar ginopitan haneng pakasutan, matemahan hana puspanira sapta diri kang kawuwus Sapta Pandita, lwirnya : kang jyesta apasajna sira Mpu Ketek, kang ari Mpu Kanandha, kang asuji anama Mpu Wirajnana, kacatur Mpu Witadharma, kang kapanca akakasih Mpu Ragarunting, arinya Mpu Prateka, kapitut apasanting Mpu Dangka………….

(ingatlah memperbaiki/memelihara Sanghyang Kamimitan di pulau Bali, termasuk hari piodalannya, demikianlah sabda Bhatara Hyang Siwa Pasupati. Beliau Mpu Gnijaya, memadu kasih dengan Bhatari Manikgni, tak terceritrakan dalam peraduan, lalu berputra 7 orang, disebut Sapta Pandita, yaitu : yang sulung bernama Mpu Ketek, adiknya Mpu Kanandha, ke tiga Mpu Wirajnana, ke empat Mpu Witadharma, ke lima Mpu Ragarunting, ke enam Mpu Prateka, yang ke tujuh adalah Mpu Dangka ………).

5b. sira makabehan hana ring Yawadwipa Mandala. Kumwa wuwusnira Bhatara Hyang Siwa Pasupati mareng Sang Panca Pandita, putungku makabehan, tumedun pwa kita mareng Bali amasang yoga, amisinggih sira Mpu samodhaya, tandwa tumedun sira Sang Panca Tirtha haneng Bali Pulina, duk masa ika Bali kacatra de nira Sang Naradhipa Sri Gunapriya Dharmapatni Udayana Warmadewa, kang inabhiseka ri Saka Sunya Surya Leng, matemahan ta sira Sang Catur Mpu Catur Sanak, tumeduneng Bali Pulina, lwirnya : Mpu Semeru, kang angelaraken Siwapaksa ………..

(beliau semua tinggal di pulau Jawa. Sebelumnya Bhatara Hyang Siwa Pasupati, telah berpesan kepada Sang Panca Pandita, cucuku semuanya, datanglah ke pulau Bali, untuk beryoga, para Panca Pandita atau Sang Pancaka Tirtha, bersujud sembah, dan datang ke Bali, pada saat itu yang memerintah di Bali adalah Sri Gunapriyadharmapatni – Udayana Warmadewa, dinobatkan pada tahun Saka 911, yang datang ke Bali saat itu 4 orang pendeta, yang disebut Catur Sanak, yaitu : Mpu Semeru, yang menganut paham Siwa ……….).

6a. tumedun mareng Bangsul, ring dina : Su., Ka., waraning Julungpuju, purnamaning Phalguna, Isaka Warnajanma Siratmaya Mukha, tumulya sira aparhyangan mareng Basukih. Sira Mpu Ghana, kang angelaraken Ganapatya, tumeduneng Bangsul, ring dina : Co., Ka., Kuningan, tanggal Naga, Isaka Bhuja hlaring Gopura, teher sira aparhyangan mareng bhumya Gelgel. Mpu Kuturan kang abhiseka Mpu Rajakertha, kang angelaraken Budha Mahayana, sira datengeng Bangsul, ring dina : Bu., Ka., waraning Pahang, madhuraksa, Isaka Apuy Karnaning Lawang, ………

(datang ke pulau Bali pada hari : Jumat Kliwon, wuku Julungpujut, sasih 8, tahun Saka 921, beliau berstana di Basakih. Mpu Gana menganut paham Ganapatya, datang ke Bali, pada hari Senin Kaliwon, wuku Kuningan, pananggal 7, tahun Saka 924, berstana di Gelgel. Mpu Kuturan yang bergelar Mpu Rajakertha, menganut paham Buddha Mahayana, datang ke Bali pada hari Rabu Kliwon, wuku Pahang, Tahun Saka 923 ….).

6b. tembenya sira aparhyangan mareng Giri Padhang. Nghing sira Mpu Gnijaya, datengeng Bali Pulina, kang angelaraken Brahmapaksa, tibeng ing Balidwipa, ring dina : Wre., Um.,wara Dungulan, Sa., Waisaka, pratipada sukla, Isaka : Asta Bhuja Sangha, teher sira aparhyangan mareng Lempuyang Madhya, angemit Bhatara Hyang Putranjaya ing Basukih. Nghing antenira kang apapasih sira Mpu Bharadah, nda tar tumut datengeng Balipulina, haneng bhumya Yawa sira, aparhyangan mareng Lemah Tulis Pajarakan, maka purohitanya Naradhipa Sri Airlangghya, ……..

(Parhyangan beliau di Giri Padhang. Tapi beliau Mpu Gnijaya, datang ke Bali, mengikuti paham Brahmapaksa, sampai di Bali, pada hari : Kemis Umanis, wuku Dungulan, sasih Kedasa, pananggal 1, Tahun Saka 928, Parhyangan beliau di Lempuyang Madhya, dengan tugas menjaga Hyang Putranjaya di Besakih. Tetapi adiknya yakni Mpu Bharadah, tidak ikut ke Bali, tetap tinggal di pulau Jawa, Parhyangan beliau di Lemah Tulis Pajarakan, menjadi purohita raja Airlangghya …….).

7a. mangkana katattwanira duking atita, henengakena.- Wantunkena punang katha mwah, wuwusen sira Mpu Gnijaya, saturung ira datengeng Bali, sira awarah-warah ri atmajanira makabehan, lingnira : “Ranakku sadhaya pahenak denta juga talinganta angrengo, mangke yayah ta agya aninggali sira, praya tumeduneng Bangsul, angemit Bhatara Putranjaya ing Bhasakih, aja kita malipya ri pawekasku mangke; ndya ta ya, kengetakena titi kagaduhan kapanditan, amagehaken aksara kabeh, titi kamoksan, tattwa kabeh, haywa malupa ri pawarah manira mene”. Ri wekas ……….

(demikianlah keberadaannya pada jaman dulu, hendaknya didiamkan sebentar. Marila kembali diceritrakan, yakni Mpu Gnijaya, sebelum datang ke Bali, beliau berpesan kepada putra-putranya, kata beliau : “Aakku semuanya dengarkanlah dengan baik, sekarang ayah akan meninggalkan dirimu, akan datang ke Bali, untuk menjaga Hyang Putranjaya di Besakih, janganlah engkau lupa terhadap pesanku; apakah itu, ingatlah kewajiban tentang kependetaan, berpegang teguh kepada sastra, kamoksan, filsafat, jangan lupa terhadap pesanku”. Pada nantinya …….).

7b. yanana santananta manira tonto, tar tinindihaning linging aksara, amuruga ling manira mangke, wakyanira Bhatara nguni, mogha-mogha taya amungpang salaku, kweh prabhedanya, salwir japa wedanya tampu. Mangkana pawekasira Mpu Gnijaya ring ranakira makabehan. Wuwusen mangke sira Mpu Kuturan wus ira hana hoyeng

Bali Pulina, sira ingadegaken senapati de sirang nyakrawarting Bali, sira pinaka manggalaning Pakira-kiran ri jro makabehan, sira angelar samuha agung ring Bataanyar, ngka sira ngawetwaken desa pakraman, mwang hanane ……..

(jika ada keturunanku, tidak berpegang pada sastra, ingkar tehadap pesanku yang sekarang ini, dan pesan-pesan terdahulu, semoga engkau tidak tahu arah, banyak godaan, segala japa mantra tidak bermakna. Demikianlah pesan Mpu Gnijaya kepada para putranya. Tersebutlah beliau Mpu Kuturan, setelah beliau berada di Bali, beliau dinobatkan menjadi senapati, sebagai pimpinan Pakira-kiran ri Jro makabehan, lalu mengadakan rapat besar di Bataanyar, hasilnya pembentukan Desa Pakraman dan keberadaan ………..).

8a. Kahyangan Tiga, mwang haneng kuwu wenang ngawangun rong tiga kawuwus Kamulan genah pitra puja. Rumuhun duking sira ing Yawadwipa Mandhala, saturung podgala, sira abhiseka ratwa mareng panagara Girah, hana atmajanira sawiji, stri, anama Dhyah Ratnamanggali, nghing strinira anama Dewi Totok Kerot, kang ajuluk sira Walu Natheng Girah, angelaraken anesti anluh anranjana, apan mangkana sighra sira datengeng Bali. Walya ikang katha, kawuwus sira Sang Sapta Resi, atmajanira Mpu Gnijaya, wus grehastha asrama mareng Yawadwipa Mandhala, …….

(Kahyangan Tiga, dan di setiap rumah mendirikan bangunan Kamulan Rong Tiga, sebagai tempat pemujaan leluhur. Dahulu ketika masih di pulau Jawa, sebelum menjadi pendeta, beliau menjadi raja di Girah dan mempunyai seorang putri, bernama Dyah Ratnamanggali, istri beliau bernama Dewi Totok Kerot, diberi julukan Janda /Walu Natheng Girah, yang mempunyai kemampuan ilmu hitam, oleh karena itu beliau lalu pergi ke Bali. Diceritrakan kembali, beliau Sang Sapta Resi, putra dari Mpu Gnijaya, setelah berkeluarga, tinggal di pulau Jawa ………).

8b. sira Mpu Ketek amet patni sutanira Ki Arya Padhang Subhadra, huwus lama apulang smara, hana wetwa wijanira saroro, padha kakung, kang panuha apasanting Arya Kapasekan, kang anten pasajna Sanghyang Pamacekan. Mpu Kananda amet stri wijanira Mpu Swetawijaya, matemahan wetu atmajanira anama Sang Kuladewa, ri huwus sira apodgala, inabhiseka Mpu Swetawijaya, sama namanira kadya sira kakyang, kang wekasan anerehaken Mangku Sang Kulputih, Wira Sang Kulputih, ngaran, Dukuh Sorga. Sira Mpu Wirajnana, atemu tangan ri …….

(Beliau Mpu Ketek mengambil istri, putri dari Ki Arya Padhang Subhadra, setelah mereka lama kawin, berputra dua orang, semuanya laki-laki, yang sulung bernama Arya Kapasekan, adiknya bernama Sanghyang Pamacekan. Mpu Kananda mengambil istri putri dari Mpu Swetawijaya, berputra dengan nama Sang Kuladewa, setelah beliau mendapatkan upacara penyucian, bergelar Mpu Swetawijaya, gelarnya sama dengan kakeknya, akhirnya menurunkan Mangku Sang Kulputih, Wira Sang Kulputih, dengan nama Dukuh Sorga. Mpu Wirajnana, kawin dengan ……..).

9a. sutanira Mpu Panataran, kang i wekasira anurunaken Mpu Wiranatha. Wuwusen mangke kahananira Mpu Withadharma, amet patni wijanira Mpu Dharmaja, huwus lama metu puspanira apasajna Mpu Wiradharma. Lanturakena punang katha sira Mpu Wiradharma, hana ta bijanira asujya kakung, pantaraning arannya : kang jyesta apasanting sira Mpu Lampita, namanira sama kadya sirang puyutnira, kang ranten anama Mpu Pastika, nyukla brahmacari mareng Silayukti, ngka sira amuja Mpu Kuturan, katrini apasajna Mpu Pananda, juga nyuklabrahmacari ……..

(putri Mpu Panataran, berputra Mpu Wiranatha. Marilah ceritrakan keberadaan Mpu Wiradharma. Lanjutkan ceritra Mpu Wiradharma, berputra tiga orang, semuanya laki-laki, nama-namanya, yaitu : yang sulung namanya Mpu Lampita, namanya sama dengan buyutnya, adiknya bernama Mpu Pastika, beliau tiada beristri, tinggal di Silayukti, di sana beliau memuja Mpu Kuturan, yang ke tiga bernama Mpu Pananda, yang juga hidup tanpa istri …………).

9b. Kawarna mangke sira Mpu Lampita sutanira Mpu Wiradharma, amet stri anama Ni Ayu Subrata, tembenya awija kakung anama sira Ki Patih Ulung, ri tembenya atemu tangan ri sira Ni Swarareka mareng Gelgel. Sira Mpu Ragarunting, amet stri wijanira Mpu Wiratanakung, asuta Mpu Wirarunting, kang i wekas anerehaken Pasek Kebayan, Pasek Salahin mwang Pasek Tutwan. Mpu Prateka angalap stri atmajanira Mpu Pasuruhan, ngka hana wijanira satunggal anama Mpu Pratekayajna, kang i wekas anurunaken Pasek Nongan, Dukuh Gamongan, Dukuh Balatung ………

(Tersebutlah Mpu Lampita, putra dari Mpu Wiradharma, mengambil istri bernama Ni Ayu Subrata, beliau berputra Ki Patih Ulung, yang kawin dengan Ni Swarareka dari Gelgel. Beliau Mpu Ragarunting, mengambil istri putri dari Mpu Wiratanakung, berputra Mpu Wirarunting, yang akhirnya menurunkan Pasek Kebayan, Pasek Salahin dan Pasek Tutwan. Mpu Preta mengambil istri putri dari Mpu Pasuruhan, berputra seorang laki, namanya Mpu Pretekayajna, dan pada akhirnya menurunkan Pasek Nongan, Dukuh Gamongan, Dukuh Balatung …………).

10a. ing Balipulina. Sira Mpu Dangka, amet patni atmajanira Mpu Sumedang, asuta Mpu Wiradangkya, amet stri Ni Ayu Kamareka, kang wekasan anurunaken Pasek Gaduh, Pasek Ngukuhin, Pasek Lurah Kadangkan mwang kapitut anama Ni Rudani, haneng Balipulina. Kinabehan sutanira Sang Sapta Resi ika, tedun haneng Bali pulina ri saka : Sad Eka Surya Candra. Wuwusen mangke sira Ki Patih Ulung, wekasan sira apodgala abhiseka Mpu Jiwaksara. Sira Mpu Jiwaksara, hana ta atmajanira saroro, sama kakung, kang panuha apasanting sira Kyayi Smaranatha, mwang kang ranten tinengeran Ki Pasek Bandesa Manik. Kawarna mangke duk pamadeganira …….

(di pulau Bali. Beliau Mpu Dangka, mengambil istri putri dari Mpu Sumedang, berputra Mpu Wiradangkya, memperistri Ni Ayu Kamareka, dan pada akhirnya menurunkan Pasek Gaduh, Pasek Ngukuhin, Pasek Lurah Kadangkan dan yang paling bungsu Ni Rudani, yang tinggal di Bali. Semua putra Sang Sapta Resi itu, datang ke pulau Bali, pada tahun Saka 1116. Ceritrakan kembali Ki Patih Ulung, setelah disucikan, bergelar Mpu Jiwaksara, berputra dua orang laki-laki, yang sulung bernama Kyayi Smaranatha dan adiknya bernama Ki Pasek Bandesa Manik. Tatkala masa pemerintahan beliau …..).

10b. Sri Astasura Ratna Bhumi Banten, ri Saka : Winaya Sagara Gandharwa Bhumi, duk ika Ki Patih Ulung inadegaken mantrya de Sri Naradhipa Balipulina. Wuwusen ngke putranira Ki Patih Ulung, ngaran, Mpu Jiwaksara anama Kyayi Smaranatha, inamet gharopatni apasanting Ni Luh Rudani, bijanira Mpu Wiradangka, tan kawarna haneng pakasutan, hana atmajanira sawiji, apanelah Kyayi Rare Angon. Tembenya sira Kyayi Rare Angon juga anurunaken bija saroro, tinengeran sira Kyayi I Gusti Agung Pasek Gelgel, kangari stri anama Ni Luh Pasek Gelgel. Rantenya Kyayi Smaranatha …………

(Sri Astasura Ratna Bhumi Banten, yakni pada tahun Saka 1146, pada saat itu Ki Patih Ulung, dinobatkan menjadi mentri oleh beliau raja Bali. Disebutkan putra dari Ki Patih Ulung, bernama Mpu Jiwaksara yang juga disebut Kyayi Smaranatha, memperistri Ni Luh Rudani, putri Mpu Wiradangkya, tiada berselang lama, berputra seorang diri, dengan Kyayi Rare Angon. Kyayi Rare Angon, berputra dua orang, diberi nama Kyayi I Gusti Agung Pasek Gelgel, adiknya Ni Luh Pasek Gelgel. Adik Kyayi Smaranatha….)

11a. kang anama Ki Pasek Bandesa Manik, ngawijilaken bija asujya, jalu stri, kang jalu anama Kyayi Gusti Bandesa Mas, kang ranten wadhu tinengeran Ni Made Manikan, katrini anama Ni Luh Nyoman Manikan. Ginopitan ngke ri Saka warsa : Pawana Guna Pada Ksiti, hana hyunira naradhipaning Majalangu, anglurug punang Bali cumitan, matemahan sira mahapatih Gajah Mada, papareng para arya sapta dasa inutus de sirang prabhu, apan sira Astasura Ratna Bhumi Banten, tar anut haneng Majalangu, tar kawarneng, sor Balipulina den Majalangu, Sri Astasura Ratna Bhumi Banten ………

(bernama Ki Pasek Bandesa Manik, berputra tiga orang, laki perempuan, yang laki bernama Kyayi Gusti Bandesa Mas, adiknya yang perempuan bernama Ni Made Manikan, yang ke tiga bernama Ni Nyoman Manikan. Diceritrakan pada tahun Saka 1235 (1265), ada keinginan raja Majapahit, untuk menyerang pulau Bali, di bawah pimpinan Mahapatih Gajah Mada, bersama-sama dengan para Arya tuju puluh (70), yang diutus oleh sang raja, oleh karena Sri Astasura Ratna Bhumi Banten, tidak mau tunduk dengan Majapahit, tak terceritrakan kalahlah Bali oleh Majapahit, Sri Astasura Ratna Bhumi Banten ………..).

11b. tekaning parayuddha palatra, apan mangkana tistis Bali Balidwipa Mandhala, matemahan sira Kyayi Agung Pasek Gelgel, inadegaken maka pamundering Bali, asthana sira haneng Gelgel. Wekasan ri Saka : Rwa Naga Karna Rupa, Sri Aji Majalangu inadegaken Sri Soma Kapakisan maka catrang Bali cumitan, asthana sira mareng Samprangan. Titanen mangke mwah De Pasek Lurah Gaduh, anurunaken wija catur diri, lwirnya : Pasek Gaduh Abang, Pasek Gaduh Pucangan, panagara Bangli, Pasek Gaduh Blahbatuh mwang Pasek Gaduh Watugiling. Wuwusen ngke kahanan ira Ki Pasek haneng Abang, ngawijilaken wija panca diri. ……….

(dengan para prajuritnya meninggal, oleh karena itu bali menjadi sunyi sepi, maka itulah Kyayi Agung Pasek Gelgel, dinobatkan untuk menjadi penguasa di Bali, beristana di Gelgel. Akhirnya pada tahun Saka 1272, raja Majapahit menobatkan Sri Soma Kapakisan menjadi raja di Bali, dengan istana di Samprangan. Diceritrakan sekarang De Pasek Lurah Gaduh, berputra 4 orang, yaitu : Pasek Gaduh Abang, Pasek Gaduh Pucangan di Bangli, Pasek Gaduh Blahbatuh dan Pasek Gaduh Watugiling. Ceritrakan kembali keberadaan Ki Pasek di Abang, berputra 5 orang ……….).

12a. makadinya : Ki Pasek Gaduh Mranggi Kesiman, Ki Pasek Gaduh Kayubihi, Ki Pasek Gaduh Panyaringan, Ki Pasek Gaduh Panarukan, Ki Pasek Gaduh Les. Wuwusen mangke kahananira Ki Pasek Gaduh haneng Blahbatuh, kweh nikang putra potraka, mintar haneng Bali, makadinya : Pasek Gaduh Sesetan, Pasek Gaduh Abianbase, Pasek Gaduh Tibubiyu, Pasek Gaduh ing Baluk, Pasek Gaduh Kaba-Kaba, Pasek Gaduh Buduk, Pasek Gaduh Dalung, Pasek Gaduh Senganan, Pasek Gaduh Salingsing, Pasek Gaduh Njung Nwa, Pasek Gaduh Antap, Pasek Gaduh Dawuhwaru, Pasek Gaduh Petak, Pasek Gaduh Tejakula, ………

(yaitu : Ki Pasek Gaduh Mranggi Kesiman, Ki Pasek Gaduh Kayubihi, Ki Pasek Gaduh Panyaringan, Ki Pasek Gaduh Panarukan, Ki Pasek Gaduh Les. Ceritrakan kembali Ki Pasek Gaduh Blahbatuh, banyak putra-putranya, yang ada menetap di Bali, yaitu : Pasek Gaduh Sesetan, Pasek Gaduh Abianbase, Pasek Gaduh Tibubiyu,Pasek Gaduh di Baluk, Pasek Gaduh Kaba-Kaba, Pasek Gaduh Buduk, Pasek Gaduh Dalung, Pasek Gaduh Senganan, Pasek Gaduh Slingsing, Pasek Gaduh Njung Nwa, Pasek Gaduh Antap, Pasek Gaduh Dawuhwaru, Pasek Gaduh Petak, Pasek Gaduh Tejakula ………).

12b. Pasek Gaduh Banjarasem, Pasek Gaduh Tukadaya, Pasek Gaduh Palapwan, mwang sakancannya. Sira kabeh treh sang Panca Tirtha, widagdeng niti, wak bhajra sidhi mandhi, sari dina agunita niti, hredaya suksma, tar hana wang wani mulat. Hana pawarahira Mpu Ketek nguni, mareng sanakira makabehan, apa lwirnya : “Yeki rengwakna salingku anugrahi sira sadaya, yapwan hana maweruh sakula gotrangku kinabehan, ri tattwa sastra mahottama, mwang sampun kaangga denya. Wenang kita mapodgala, wenang ya ika mrayascitta pasanakan kita mwang dlaha ri kapejahanta, wenang mujangganin, yan sira siddheng atatiwah, wenang nggone Padmasana ………..

(Pasek Gaduh Banjarasem, Pasek Gaduh Tukadaya, Pasek Gaduh Palapwan, dan yang lainnya. Mereka itu semuanya keturunan dari Panca Tirtha, bijaksana, kata-katanya bermana, setiap hari membicarakan masalah kepemimpinan, lahir bathin, tiada orang berani membantahnya. Hana pesan dari Mpu Ketek, kepada keturunannya semua, apakah itu : Dengarkanlah dengan baik anugrahku padamu semuanya, jika ada keturunanaku, memahami tentang sastra utama dan telah mendalaminya. Jika demikian wajiblah engkau menyucikan diri, dan dapat menyucikan seluruh keluargamu kelak jika meninggal, yang telah madwijati, jika melakukan pengabenan, patutlah menggunakan Padmasana ……….).

13a. mwang jempana, kang pangangge sakadi brahmana lebar, kang panganggenya petak kwanta, kajang tigang kuwub, klasa tigang rirang, surating kajang Pancagni haneng padma, kang patulangan lembu petak. Mwah yan tar mujanggain, yan sira molih kawisuddhan, yan sidha atatiwah, wenang mabade gunung siya, yan kita pamijilan wenang mabade gunung pitu, kapas siya warna, bhoma marep mungkur akampid, tatakan geni tinundak telu, mabale lunjuk, patulangan lembu cemeng, kajang tigang kuwub, kalasa tigang rirang, surat kajang ………

(dan jempana, busana/pakaian bagaikan seorang pendeta yang meninggal, kainnya putih dan kuning, kajang tiga kuwub, klasa tiga rirang, tulisan aksara kajang Pancagni dalam padma, patulangannya lembu putih. Dan jika tidak madwijati dan telah mencapai kedudukan, jika pada waktu ngaben, memakai bade tumpang 9, jika walaka biasa, bade tumpang 7, kapas 9 warna, memakai bhoma menghadap kebelakang, bersayap, tatakan alas api berundak 3, memakai bale lunjuk, patulangannya lembu hitam, kajang tiga kuwub, kalasa tiga rirang, surat kajang …………. ).

13b. tri aksara, rwabhineda, dasaksara, panca bhayu, sadhya kerti, winungkusan rwaning gedhang kahikik, mwang kang toya pangentas saking Kawitanta, maka bhaga banyu purus Hyang Abra Sinuhun, wenang cuntaka tigang dina, kita wenang ngawangun Parhyangan Hyang Kawitan mareng swang kadatwan, kawenangannya Meru tumpang tiga sawiji, purusa ika, Mas Sari sawiji, Hyang Ibu Kawitan, pradhana ika, Ngurah Bhumi sawiji, Taksu sawiji, ………

(tri aksara, rwabhineda, dasaksara, pancabhayu, sadhya kerti, dibungkus dengan daun gedang kahikik, dan tirtha pangentas dari Kawitan, bagaikan air suci dari Hyang Abra Sinuhun, cuntakanya 3 hari, anakku boleh membangun Kahyangan Kawitan di rumah masing-masing, sepatutnya Meru tumpang 3, sebagai lambang Purusa, Mas Sari 1, Hyang Ibu Kawitan, lambang Pradhana, Ngurah Bhumi 1, Taksu 1, ………. ).

14a. mangkana kawenanganta. Mwah yan hana wang angangken apasanakan ri kita, angaku awangsa ri kita, harepnya mrih anungsung, pareng Kawitan, haja kita dropone, twinya prajnan, sugih, pratyaksa rumuhun, yan sira angayub ri Kawitanta, tuhu ika pasanakan, wenang pareng anungsung ri Kawitanta. Wenang kita aweha tunggul Kawitan, lamakane mungguh mareng lepihan tambra, sapara tingkah kita Pasek sadaya, umetu sakeng brahmana ing kuna. Lamakane sira manggeh ing Kawitan, yan kita tar manggeh, dudu treh santananku ……….

(demikianlah hak kewajibanmu. Dan jika ada orang yang menyatakan bersaudara denganmu, seketurunan denganmu, dengan tujuan untuk menyembah Kawitan, janganlah tergesa-gesa, walaupun orang pandai, kaya, selidikilah terlebih dahulu, dan jika mau menyembah Kawitanmu, benarlah mereka itu wargamu, patutlah mereka ikut memuja Kawitanmu. Wajarlah mereka itu diberi Tunggul Kawitan/Prasasti, yang nantinya ditulis di atas lempengan tembaga, demikianlah prilakumu yang disebut dengan Pasek, yang kelahiran Brahmana jaman dahulu. Maka itu hendaknya berbakti pada Kawitan, jika ingkar, buanlah keturunanku …….).

14b. yan kita manggeh ring Kawitanta, tinemu de nira, jananurageng jagat, wreddhi dhirgayusa, mwang kinasihaning dening Hyang, haja kita lupa mareng Catur Parhyangan, makadinya : Catur Lawa Ratu Pasek, ing Basakih; Dasar Bhuwana Gelgel; mareng Silayukti Padhang mwang mareng Lempuyang Madhya”, mangkana pawarahku lawan kita makabehan, lah samapta panugrahanku Mpu Ketek. ” Ih kita Pasek sadaya, wenang tyaga mareng kawangsan, kaparan-paran genahnya, wenang angambel mwang anungsung piagem prasasti kawitan,……

(jika mereka sudah berbakti dengan Kawitanmu, yang akan dijumpai, dicintai oleh masyarakat, berkembang, panjang umur, disayangi oleh Dewa, dan janganlah anakku semuanya lupa terhadap Catur Parhyangan, yaitu : Catur Lawa Ratu Pasek, di Besakih, Pura Dasar Bhuwana Gelgel, di Padhang Silayukti dan Lempuyang Madhya; demikianlah pesanku kepada anak-anakku semuanya, demikian sempurna anugrah Mpu Ketek. Ai engkau para Pasek, hendaknya berpegang teguh pada keturunan, dimanapun berada, hendaknya selalu berpegang dan nyiwi Piagem Prasasti Kawitan ……..)

15a. makadi tunggul, umangdenya santana, wruh kawekas dlaha ri kawonganira, kita tar wenang pegat akadang, mareng Ki Pasek makabehan, ndi genahnya, wenang wruha, kang pareng nungsung Kawitan, mangkana kita Pasek sadaya, haywa predo, haywa cawuh, haja lali mwang lipya, ri warahira Hyang Abra Sinuhun nguni, apan teki ila-ila dahat. Samangkana samapta tattwa iki.-

(itulah dipakai pegangan, supaya keturunanmu, tahu nantinya tentang keturunan, engkau tidak boleh lupa satu warga dengan semua Pasek, di manapun berada, hendaknya mengetahuinya, yang ikut bersama-sama nyiwi Kawitan, demikianlah ai engkau Pasek semuanya, jangan tidak percaya, jangan gegabah, jangan lupa, demikianlah bhisama leluhur Hyang Abra Sinuhun, karena hal ini amat berbahaya. Demikianlah akhir dari hakekat adanya ini.-

Sumber : Babad Pasek Gaduh (Ukuran Lontar : 3,5 x 35 cm, disalin oleh I Nyoman Sukada, tanggal 13 Mei 2011)

upacara matur piuning

  1. Merajan kawitan terdekat,upakaranya :
  • di pelinggih tengah kemulan haturkan banten pejati
  • di pelinggih kemulan sebelah kiri kanan haturkan ajengan/soda/canang raka
  • di tengah pelinggih kemulan di pelangkiran atas dan dibawah rong tiga haturkan canang raka/canang sari
  • di sor pelinggih haturkan segehan manca warna
  • di pelinggih lainnya haturkan ajengan/soda/canang raka/canang sari(semampunya)
  • di bale piyasan haturkan banten daar
  • arepan pemangku berupa banten taksu